Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020

  • Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020
  • Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020
  • Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020
  • Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020
  • Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Perpustakaan Nasional RI melalui Direkorat Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan kembali mengadakan acara tahunan yaitu Anugrah (Pustaka) Buku Terbaik 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dan virtual dari Gedung Layanan Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta (17/11) dengan mengundang pemenang dan juri secara langsung sementara masyarakat umum maupun undangan yang berhalangan hadir bisa mengikuti dari kanal Youtube Perpusnas dan Zoom.

Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan, Emyati Tangke Lembang dalam sambutannya menjelaskan bahwa buku-buku yang diseleksi dalam penganugerahan ini merupakan karya yang telah diterima oleh Perpusnas sebagai pelaksanaan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria di antaranya sudah mempunyai International Standard Book Number (ISBN), tercatat di Perpusnas, dan merupakan karya asli.

Pada tahun ini Perpusnas mengambil 6 kategori buku terbaik diantaranya Kerajinan Tangan, Kopi, Pelayanan Publik, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Arsitektur, dan Kewirausahaan. Setiap kategori diseleksi oleh juri dari ratusan koleksi sehingga menghasilkan enam terbaik dengan total 36 judul buku yang mendapatkan penghargaan. Tim juri merupakan profesional yang terdiri dari akademisi, praktisi, pakar perpustakaan, dan pakar bahasa dari enam kategori bidang ilmu tersebut. Kriteria khusus diberikan dalam penilaian di antaranya substansi dan materi tulisan, sistematika penulisan, inovasi dan manfaat, menggugah minat baca, penggunaan bahasa dan gaya penulisan, penampilan fisik terbitan.

Terbaik pertama untuk kategori Kerajinan Tangan diraih buku dengan judul “Seni Batik Indonesia” karya S.K. Sewan Susanto.


Terbaik pertama kategori Kopi diraih buku dengan judul “Berkebun Kopi” karya Pudji Rahardjo.

Terbaik pertama kategori Pelayanan Publik diraih buku “Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif” karya Agus Dwiyanto.