FGD Bersama Perpustakaan Khusus Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait penghimpunan KCKR Kementerian/Lembaga (25 September 2018)

Dikirim oleh: deposit perpusnas

Deposit Perpusnas. Selasa, 25 September 2018 bertempat di Kantor Kementerian PAN dan RB, Jakarta. Diskusi tentang pelaksanaan penghimpunan karya cetak dan karya rekam khususnya di lingkungan Kementerian PAN dan RB. Perpustakaan khusus kementerian/lembaga pemerintah adalah perpustakaan khusus yang berada di bawah kementerian/lembaga yang mempunyai tugas menghimpun, menyimpan dan melayankan serta melestarikan seluruh terbitan baik cetak maupun non cetak yang diterbitkan oleh Kementerian/Lembaganya. Peranan perpustakaan khusus Kementerian/Lembaga tersebut sejalan dengan tugas dan fungsi Perpusnas sebagai perpustakaan deposit dan pelestarian karya cetak dan karya rekam di Indonesia. Pada diskusi tersebut, Ibu Sri Marganingsih selaku Kepala Sub Direktorat Deposit Perpusnas mengatakan “Perpusnas mendorong dan menginginkan perpustakaan khusus di Kementerian/Lembaga mempunyai peranan penting sebagai perpustakan penghimpunan, penyimpanan, dan pelestarian KCKR yang berada di lingkungan Kementerian/Lembaga, agar karya-karya tersebut dapat tetap digunakan untuk saat ini dan yang akan datang”.

Perpustakaan Khusus Kementerian PAN dan RB bersama Perpusnas melalui Direktorat Deposit Bahan Pustaka melakukan diskusi mendalam atau Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan tugas dan fungsi Perpustakaan Kementerian PAN dan RB sebagai perpustakaan penghimpunan, penyimpanan, pelayanan, dan pelestarian karya atau terbitan yang berada di lingkungan Kementerian PAN dan RB. Kegiatan tersebut juga salah satu bentuk kerjasama sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU antara Perpusnas dengan Kementerian PAN dan RB yang telah dilakukan pada bulan Juli 2018.

UU no. 4 tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam dan UU no. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan sebagai dasar atau landasan hukum bagi Perpustakaan khusus Kementerian PAN dan RB untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi perpustakaan khusus. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat peraturan menteri mengenai penghimpunan, penyimpanan, pelayanan dan pelestarian karya/terbitan di lingkungan Kementerian PAN dan RB. Peraturan Menteri nantinya akan memudahkan tugas dan peran Perpustakaan Kementerian PAN dan RB dalam menghimpun seluruh karya-karya yang dihasilkan oleh/di Kementerian untuk disimpan, didayagunakan dan dilestarikan oleh Perpustakaan. (26/09/2018)

Comments

  1. TrueThemes  January 5, 2014

    Did you know? TrueThemes is a 4-man team of award-winning web designers. We’ve been pushing pixels since 2003 and we’ve learned a thing or two since then. Purchase this theme and let us help you reach your maximum website potential.

    reply
  2. Jack  February 10, 2014

    What a theme!

    reply
    • Jack  February 10, 2014

      What…

      reply
  3. Jack  February 10, 2014

    What what…

    reply

Beri Komentar